Monday, September 17, 2012

Cast Away...

Cast away...akhirnya gips / cast yang selama 3 minggu terakhir saya pakai, dilepas oleh dokter.

Cara melepas gips memang agak menyeramkan, dokter memakai gergaji listrik kecil (seukuran pisau dapur) untuk memotongnya. Tapi nggak perlu kuatir, karena di dalamnya dilapisi dulu oleh lapisan besi, jadi yang kerasa di kulit cuma geli-geli aja. Setelah digergaji, biasanya dokter menggunting bagian-bagian gips yang masih bandel.

Pertama kali gipsnya terbuka, kita bisa melihat bagian tubuh yang injured jadi lebih kecil ototnya, istilahnya athrophy. Ototnya mengecil dan melemah. Kalau saya, pas gips di ankle kaki kanan dilepas, rasanya seperti gak punya kaki alias enteng banget rasanya kaki ini. Pas dipakai menjejak lantai, rasanya juga melayang. Ya iyalah, karena sebelumnya kan kaki dibebani gips yang lumayan beratnya.

Kulit di bagian yang tertutup gips juga warnanya lebih gelap (merah kebiruan). Mungkin karena efek bengkak sebelumnya juga.

Episode berikutnya setelah cast away adalah : belajar jalan.
Dokter bilang seminggu ini memang masih harus pakai kruk. Lalu minggu depan mulai belajar pakai kruk 1 saja. Baru setelah itu lepas kruk.

Keesokan harinya setelah gips saya dilepas, saya langsung ngantor lagi. Mau gak mau harus diantar sama supir, gak bisa dulu nyetir sendiri. Kaki langsung belajar napak dan jalan pelan-pelan. Di kolong meja saya kasih dus & bantal untuk selonjoran kaki. Beberapa hari pertama, kaki masih bengkak terus. Kaki juga rasanya masih sakit setiap kali berganti posisi. Misalnya setelah selonjoran lalu menapak. Rasanya masih nyeri dan ngilu. Tapi saya baca-baca, hal itu masih wajar. Bahkan bengkaknya kaki pun masih wajar dan masih akan dialami sampai beberapa minggu ke depan.

Yang pasti, kaki juga jangan dipaksa dulu dengan beban berat. Untuk latihannya pakai Partial Weight Bearing, jadi kaki mulai dilatih untuk menumpu badan, tapi sedikit-sedikit.
Kalau saya, patokannya adalah sampai kerasa sakit. Kalau belum kerasa sakit, masih saya teruskan coba menumpu badan.
Saya juga melatih otot kaki dengan latihan seperti ini. Lumayan banget untuk melemaskan dan menguatkan otot yang udah 3 minggu dipaksa istirahat.



It's been 5 days. Kaki saya makin terasa enak, gak terlalu sakit lagi. I think the recovery process goes well.

Tetap dijaga dengan minum suplemen kalsium & suplemen untuk penyerapan kalsium.
Untuk kulit yang ketutup gips dan sekarang jadi lebih sensitif, rajin-rajin saya oleskan body lotion saja. Karena memang kulitnya jadi sangat sensitif, terasa tipis dan mudah mengelupas.

Begitu deh kira-kira my recovery journey.

xoxo.





1 comment: