Friday, September 29, 2017

Malaikat Agung (Archangels)

29 September dirayakan oleh Gereja Katolik sebagai perayaan bagi Malaikat Agung (Archangels) Tuhan, yaitu pada Malaikat Mikael, Gabriel dan Rafael.

Malaikat adalah Sosok Agung yang dipercaya oleh hampir semua ajaran agama. Dalam agama Katolik sendiri, kita diajarkan percaya bahwa malaikat-malaikat ada di sekitar kita untuk melindungi kita (Malaikat Pelindung). Juga ada Malaikat Agung yang dalam 'kasta' Malaikat, mereka paling tinggi dan menjadi tangan kanan Tuhan dalam berbagai hal besar.

1. Malaikat Agung Mikael


Nama Mikael / Michael sendiri berarti "One Who is as God" atau serupa dengan Tuhan. Mikael adalah penghulu malaikat (Wahyu 12:7). Kitab Wayu menyebutkan Mikael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga. Kehadiran Malaikat Mikael juga disebutkan dalam kitab Daniel yang menolong Daniel sebagai pembela Israel. Mikael juga menampakkan diri kepada Yosua (Yosua 5:13-15) : Jawabnya "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara Tuhan, sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah.
Sebagai Panglima, Malaikat Mikael sering digambarkan membawa pedang, perisai, serta timbangan keadilan. Beberapa lukisan populer menggambarkan Mikael menghunuskan pedang pada Lucifer. Mikael adalah Malaikat Agung penjaga pohon kehidupan. Juga melindungi dalam pertarungan melawan iblis dan menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka saat sakratul maut.





2. Malaikat Agung Raphael

Nama Raphael sendiri berarti "Medicine of God" atau Tuhan yang menyembuhkan. Raphael adalah Malaikat Agung yang bertugas untuk memperbaiki bumi, melindungi pengelana dan pelindung kaum muda. Utamanya ia adalah malaikat penyembuh. Malaikat Rafael disebutkan dalam kitab Tobit (Tobit 12). Rafael menyamar sebagai manusia, menemani Tobias dan  menyembuhkan mata Tobit yang buta. Lalu setelah itu, ia memperkenalkan diri sebagai Malaikat (Tobit 12 : 15) : Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia.
Rafael digambarkan membawa wadah minyak pengurapan dan ikan. Minyak melambangkan penyembuhan melalui sakramen pengakuan dosa. Ikan mengingatkan pada perlindungan pada Tobias dan penyembuhan mata ayahnya.





3. Malaikat Agung Gabriel



Nama Gabriel sendiri berarti "Man of God" atau "God has Shown Himself Mightily" atau "Strength of God". Gabriel adalah malaikat Kabar Sukacita, pembawa kebenaran, harapan dan perubahan.
Gabrial adalah malaikat yang tugasnya menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia. Salah satu pesan yang ia sampaikan adalah berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lukas 1: 19, 26). Ia juga diutus kepada Zakharia (Lukas 1 : 11) tentang kelahiran Yohanes. Gabriel juga memperlihatkan diri kepada Daniel (Dan 8).
Malaikat Gabriel adalah malaikat Inkarnasi, penjaga sakramen Baptis dan malaikat belas kasihan.
Ia sering digambarkan memegang bunga lili yang melambangkan jiwa murni yang dihasilkan dari sakramen baptis dan tobat. Membawa bendera yang melambangkan kasih sayang yang universal.





Doa kepada ketiga Malaikat Agung :





No comments:

Post a Comment